0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tito Dicalonkan Jadi Kapolri, Sutiyoso: Ini Kejutan

dok.merdeka.com
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Tito Karnavian (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Terpilihnya Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal kapolri merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di tubuh TNI dan Polri, junior yang melewati seniornya untuk menjadi pemimpin sudah sering terjadi.

“Dari segi kualitas tidak diragukan, di TNI dan Polri bisa seperti itu, kita disalip adik. Dulu SBY jadi atasan, saya anggap biasa,” kata Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso, Kamis (16/6).

Menurutnya, keputusan tersebut sudah menjadi hak prerogatif presiden sehingga publik diminta untuk dapat menghormati.

“Kita hormat saja pada pilihan itu, kecuali pilihannya tidak pantas. Memang masih muda sekali (Tito Karnavian) tetapi ini kejutan yang selama ini tidak pernah terjadi, ya itu tidak apa-apa,” ungkap Sutiyoso.

Sementara itu, Komjen Tito Karnavian mengaku sudah mendengar perihal penunjukan sebagai calon Kapolri dari Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung. Tito pun merasa keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan sebuah perintah meski dia sebagai junior lantaran angkatan 1987.

“Ini perintah bagi saya. Saya memahami saya termasuk junior dalam generasi kepolisian. Tapi ini perintah sebagai prajurit tidak boleh langgar perintah apalagi perintah dari Presiden. Pasti akan saya lakukan semaksimal mungkin apapun resikonya,” kata Tito.

Tito juga berjanji akan merangkul semua senior-senior di kepolisian secara objektif. Apalagi, kata dia, kerja sama dengan senior sudah sering terjadi.

“Waktu Kapolda Papua, saya digantikan dengan senior angkatan 71, kemudian saya digantikan senior 81, saya sendiri 87. Hubungan kami sangat baik dengan senior-senior. Di Polda Metro juga sama. Wakil saya angkatan 83. Orang ketiganya 85, saya angkatan 87. Kemudian pejabat utama banyak angkatan 83, 84, 85, 86. Kami bisa kerja sama dengan baik,” kata Tito.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge