0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Makanan Tak Layak Konsumsi Beredar di Pasar

timlo.net/nanang rahadian
Tim DKK Karanganyar saat sidak di Pasar Palur (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Tim Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar menemukan sejumlah makanan dan minuman tidak layak konsumsi. Hal tersebut diketahui saat sidak ke Pasar Palur dan sejumlah toko modern di kawasan Jaten, Rabu (15/6).

“Kami menemukan makanan dan minuman yang kedaluwarsa, kemasan rusak, maupun diduga mengandung bahan kimia berbahaya,” kata Kabid Bina Kesehatan Keluarga DKK Rita Sari Dewi, Rabu (15/6).

Di Pasar Palur, tim mengambil sampel makanan dan minuman yang ditengarai mengandung bahan berbahaya dari sejumlah pedagang. Seperti cendol dawet dan kue kelak keling yang warnanya sangat mencolok, sehingga diduga mengandung pewarna non makanan. Tim juga mengambil sampel teri nasi dan garam bleng, yang diduga mengandung pengawet formalin.

“Bahan makanan dan minuman yang diduga mengandung bahan berbahaya, akan diperiksa di laboratorium untuk memastikan kandungannya. Jika benar mengandung bahan berbahaya, akan disampaikan ke pedagang agar tidak menjualnya lagi,” kata Rita Sari Dewi.

Tim juga menemukan mie dan kue kering yang kemasannya tidak ada tanggal kedaluwarsa. Selain itu, ditemukan juga roti kemasan yang sudah jamuran, sehingga diamankan agar tidak dijual ke konsumen.

Rita mengatakan, pedagang mengaku menerima barang-barang tersebut dari pemasok dan terkadang tidak meneliti kemasannya.

“Kami minta pedagang lebih teliti. Agar tidak menerima barang yang tak layak konsumsi, karena kalau dijual bisa merugikan konsumen. Konsumen juga harus teliti. Lihat tanggal kedaluwarsanya, sebelum membeli produk kemasan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge