0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Bus Angkutan Lebaran Tak Laik Jalan

Petugas gabungan memeriksa sebuah bis angkutan lebaran (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sragen menemukan sejumlah kendaraan angkutan lebaran jenis bis yang tidak layak jalan. Dishub bakal memperketat pemeriksaan kendaraan yang bakal digunakan untuk angkutan lebaran.

“Kami akan perketat pemeriksaan. Jika memang tidak laik jalan tak akan kami loloskan. Lebih baik diperbaiki sekarang dari pada nanti saat lebaran nggak bisa jalan,” kata Kepala UPTD Pengujian Kendaraan, Dishubkominfo Sragen, Suparno, Rabu (15/6).

Pihaknya menemukan sejumlah bis antar kota antar provinsi (AKAP)yang tak layak jalan saat dilakukan uji berkala kendaraan angkutan (uji kir). Dari 10 bis yang diperiksa, hanya empat yang dinyatakan lolos.

Dia menjelaskan, setiap hari ada sekitar 60 hingga 70 kendaraan melakukan uji kir. Masalah yang sering ditemukan adalah rem tidak pakem, lampu tidak berfungsi ban ban yang sudah gundul.

Menjelang lebaran ini pihaknya bakal  memperketat uji kir kendaraan. Pemeriksaan ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalulintas akibat kendaraan yang tidak layak jalan.

“Konsentrasi kami saat ini untuk kendaraan jenis angkutan orang yang akan dipergunakan angkutan mudik dan balik lebaran,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge