0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengecekan Angkutan Lebaran, Ini yang Menjadi Sorotan

Petugas dari Dishubkominfo melakukan pengecekan kelaikan kendaraan angkutan lebaran di PO Mulyo Indah, Banyuanyar, Banjarsari, Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Tim gabungan yang memantau kelaikan kendaraan angkutan lebaran menitik beratkan pada sejumlah faktor keamanan armada angkutan. Upaya ini dilakukan untuk mencapai target zero accident yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dalam mudik lebaran tahun ini.

“Ada sejumlah faktor utama yang menjadi perhatian serius armada yang digunakan mengangkut penumpang dalam mudik lebaran mendatang,” terang Kabid Teknis Kepala Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Arif Handoko, Rabu (15/6).

Faktor utama yang menjadi perhatian, yakni kelayakan ban standar yang digunakan, kaca depan tidak terdapat retak/ rusak, rem parkir berfungsi maksimal, pengatur kecepatan (speedo meter) dalam keadaan hidup dan sabuk keselamatan pengemudi. Di samping itu juga, perlengkapan penunjang seperti lampu utama/reting, klakson, lampu stop, hingga wiper.

“Dan jangan lupa, termasuk kelengkapan surat-surat kendaraan, ijin trayek hingga ijin Kir dari dinas perhubungan,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Organda Solo, Joko Suprapto mengatakan, sebanyak 315 armada bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada mudik lebaran tahun ini. Dengan adanya pengecekan kelaikan angkutan lebaran ini, pihaknya menghimbau supaya pemilik perusahaan bus menyiapkan kelengkapan dan membenahi sarana angkutan jika terdapat hal yang kurang tepat.

“Contohnya, bus angkutan lebaran yang menggunakan ban vulkanisir. Ini tidak diperbolehkan. Hendaknya, diganti dengan ban standar yang baru untuk keselamatan penumpang. Termasuk kesiapan ijin trayek, Kir kendaraan dan surat kelengkapan kendaraan,” jelas Joko.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge