0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hindari Napi Gunakan HP, Lapas Sediakan Wartelsuspas Gratis

timlo.net/aditya wijaya
Seorang warga binaan lapas Klaten, kanan, mencoba layanan Wartelsuspas (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Klaten meluncurkan Warung Telepon Khusus Pemasyarakatan (Wartelsuspas) gratis. Tujuannya untuk meminimalisir penggunaan handphone yang diselundupkan oleh narapidana.

“Wartelsuspas ini sesuai dengan amanat UU No 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan yang menyebutkan hak-hak bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), salah satunya komunikasi,” kata Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II B Klaten, Budi Prayitno, Rabu (15/6).

Dikatakan, Wartelsuspas gratis yang bekerjasama dengan PT Telkom Witel Solo itu baru pertama kali ada di wilayah Solo Raya. Adapun sumber pendanaannya berasal dari anggaran Lapas Klaten. Namun, Budi belum bisa merinci berapa besaran biayanya.

“Kami ingin menekan penggunaan telepon genggam. Pasalnya para WBP tak jarang menyelundupkan telepon genggam untuk transaksi narkoba. Zero handphone,” kata Budi.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Anak Didik dan Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIB Klaten, Eko Bekti Susanto menambahkan, akan menyediakan petugas penjaga untuk menghindari penyalahgunaan Wartelsuspas.

“Dua pesawat telepon yang digunakan di Wartelsuspas ini nantinya akan dijaga oleh petugas. Selain itu, layanan ini hanya dibuka saat jam kerja saja dari pukul 08.30 – 13.00 WIB. Kita juga membatasi penggunaan telepon, yakni hanya tiga menit untuk setiap WBP,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge