0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UMS Kembali Raih Peringkat Pertama PTS Indonesia

dok.timlo.net/tyo eka
Rektor UMS, Prof Dr Bambang Setiaji (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Tahun 2016 ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali meraih peringkat pertama perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia. Pemeringkatan tersebut berdasarkan hasil riset Quacquarelli Symonds (QS) University Rangking.

“Selain itu, UMS kembali menduduki peringkat rangking ke delapan dari 11 perguruan tinggi di Indonesia. Ke 11 perguruan tinggi meliputi negeri maupun swasta,” jelas Rektor UMS Prof Dr Bambang Setiaji MS kepada Timlo.net, di Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (15/6).

Disbeutkan, QS University Rangking menetapkan pemeringkatan menggunakan sembilan indikator dari 350 universitas se Asia. Univeritas yang disusun lebih banyak 50 perguruan tinggi dibanding tahun 2015 sebelumnya. Karena tahun 2015 hanya 300 universitas saja.

Sementara itu, Wakil Rektor I UMS Bidang Pendidikan, Dr Muhammad Dai menjelaskan, sembilan indikator yang menjadi patokan QS dalam  menilai sebuah perguruan tinggi itu diantaranya, reputasi akademis, repotasi karyawan, rasio fakultas/mahasiswa dengan jumlah dosennya, hasil riset serta proporsi fakultas internasional dan progdi internasional yang ada.

”Ada juga indikator pertukaran antar mahasiswa serta penerimaan mahasiswa dari luar negeri,” jelas Dai.

Menurut Dai, QS merupakan lembaga survei independen yang berbasis di London. Adapun untuk wilayah Asia, kantornya berpusat di Singapura. Hasil surveinya, selalu dipublikasikan pada pertengahan Juni setiap tahunnya

Pada kesempatan itu, Rektor UMS menyatakan, akan terus meningkatkan kualitas sumberdaya yang dimiliki UMS, sehingga levelnya mendunia. Selain itu, akan terus meningkatkan daya saing lulusan serta dosen pengajarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge