0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Komputer Kuno Berusia 2000 Tahun Digunakan Untuk Prediksi Masa Depan

Dok: Timlo.net/ .astroblogs.nl.
Antikythera Mechanism. (Dok: Timlo.net/ .astroblogs.nl.)

Timlo.net—Menurut sebuah penelitian, sebuah komputer kuno berupa alat kalkulator astronomis kuno yang berasal dari tahun 60 SM (Sebelum Masehi) digunakan untuk memprediksikan masa depan.

Disebut The Antikythera Mechanism digunakan oleh masyarakat Yunani kuno untuk melacak gerhana bulan dan matahari dengan. Alat ini menggunakan tombak perunggu dan sistem rumit. Komputer berusia 2 ribu tahun ini ditemukan dari bekas kapal karam di kepulauan Antikythera, Yunani pada 1901 dan dianggap sebagai sebuah mesin paling canggih di masanya.

Sebuah tim peneliti internasional, termasuk ahli dari jurusan astrofisika University of Cardiff sudah berusaha selama 10 tahun untuk mengungkap rahasia di balik alat misterius itu. Dengan teknologi X-ray yang berkembang, tim itu mampu mengungkap fitur-fitur baru yang tersembunyi di dalam sisa-sisa mesin itu. Para peneliti bahkan menemukan teks penjelasan yang ditulis dalam huruf kecil sebanyak 3500 kata di piringan utama mesin.

Walaupun mesin ini dikenal sebagai mesin yang melacak gerakan bintang dan planet sebagai alat bantu navigasi, para ilmuwan sekarang percaya jika alat ini juga digunakan untuk membuat prediksi astrologi.

Tapi tim peneliti itu tidak yakin cara kerja prediksi ini. Diperkirakan jika warna gerhana yang berbeda dihubungkan dengan pertanda yang berbeda. Walaupun hingga saat itu, alat itu merupakan satu-satunya alat yang ditemukan, mereka tidak yakin jika hanya ada satu alat seperti itu yang pernah dibuat.

Teks penjelasan dalam mesin menyatakan paling tidak ada dua mesin serupa lainnya yang dibuat. Kerumitan mesin ini baru memperoleh tandingannya seribu tahun kemudian, dengan munculnya jam di abad pertengahan.

Sisa-sisa alat the Antikythera Mechanism sekarang ini dipamerkan di the National Archaeological Museum di Athena.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge