0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bus AKDP Dilarang Antar Penumpang Hingga Luar Provinsi

Petugas melakukan pengecekan di PO Mulyo Indah terkait kelayakan angkutan Lebaran (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kebijakan angkutan darat, khususnya armada bus agak berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, Dirjen Perhubungan Darat tidak memperbolehkan bus dengan trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) melayani rute Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

“Tahun ini, untuk bus AKDP tidak boleh diturunkan untuk mengantar atau menarik penumpang dengan tujuan luar provinsi,” terang Kasi Pengawasan dan Operasional Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jawa Tengah Wilayah Karisidenan Surakarta, Tubagus Kresno Wijiantoro di tengah kunjungannya melakukan pengecekan di PO Mulyo Indah, Banyuanyar, Banjarsari, Solo, Rabu (15/6).

Sejak insiden PO Rukun Sayur yang terjadi di Tol Cipali tahun kemarin, pemerintah menargetkan zero accident dalam arus mudik 2016 kali ini. Kejadian kecelakaan yang mengakibatkan kematian di jalan tol yang baru diresmikan tahun kemarin tersebut diakibatkan lantaran sopir tidak mengenal secara baik jalan yang dia lewati. Alhasil, mengakibatkan kecelakaan dan menjadi sorotan transportasi nasional.

“Belajar dari insiden tersebut, kami menargetkan zero accident. Upayanya dengan tidak memberi ijin bus AKDP mengantarkan penumpang diluar provinsi. Termasuk kelayakan standar yang meliputi mesin, keselamatan penumpang, surat-surat, kelistrikan dan masih banyak yang lain,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge