0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Arus Mudik, Jalan Tol Solo-Sragen Dikebut

dok.timlo.net/nanin
Proyek Jalan Tol Soker (dok.timlo.net/nanin)

Solo — Pengerjaan Tol Solo-Kertosono (Soker) akan dikebut hingga H-10 Lebaran. Targetnya, ruas jalan Solo – Sragen sudah dapat dilalui pemudik sebelum H-7. Pengerjaan akan difokuskan di beberapa bagian jalan yang belum tuntas serta pemasangan rambu.

“Untuk Lebaran tahun ini kita hanya buka satu jalur saja karena sebagian masih belum selesai,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Solo-Kertosono I, Berdu Cahyono, Selasa (14/6).

Di beberapa bagian jalan, ruas Solo – Sragen yang panjangnya 29 KM itu masih berupa beton kerja. Fungsinya sebatas untuk kenyamanan pekerja agar tidak terganggu dengan medan tanah yang berlumpur atau becek. Beton tersebut tidak mungkin dilalui kendaraan karena ketebalannya tidak memadai. Selain itu, di sepanjang jalur tersebut masih ada persimpangan sebidang dengan jalan umum.

“Di persimpangan sebidang akan akan ada pos-pos pengamanan. Kita juga akan pasang rambu-rambu yang memadai,” katanya.

Pemasangan rambu ditargetkan rampung H-15. Sedangkan pos pengamanan akan di tempatkan di empat titik. Dua di pintu keluar dan masuk, serta dua lainnya di sepanjang jalur Solo – Sragen. Pihak pelaksana proyek juga telah berkoordinasi dengan kepolisian khususnya satuan lalu lintas dan Dinas Perhubungan di daerah-daerah terkait pengaturan lalu lintas keluar – masuk tol. Dalam koordinasi juga disinggung masalah pengamanan persimpangan sebidang yang dinilai sebagai titik rawan itu.

“Kita sudah koordinasi dengan Solo, Sragen, dan Karanganyar kita sudah koordinasi. Hanya Sukoharjo yang belum. Besok akan kita bicarakan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Solo, Sri Baskoro mengatakan, pembukaan tol untuk arus mudik dan balik tersebut akan mengurangi kepadatan arus mudik di dalam Kota Solo.

“Jadi yang tujuannya ke Jawa Timur bisa langsung lewat situ tanpa harus lewat kota,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge