0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angin Ribut Memakan Korban Satu Rumah

timlo.net/ichsan rosyid
Pohon angsana di Jalan Kebangkitan Nasional patah menimpa sebuah rumah, Selasa (14/6) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Hujan deras disertai angin kencang yang menerpa Solo selama 10 menit, Selasa (14/6) sore memakan korban satu rumah di Jalan Kebangkitan Nasional. Sebagian genteng rumah tersebut porak poranda akibat tertimpa pohon angsana di tepi jalan yang patah karena tertiup angin.

“Sebelum patah, angin kencang sekali. Pohonnya sampai molet-molet,” kata pemilik rumah, Joko Prakoso.

Pantauan timlo.net, lima cabang pohon tersebut patah. Cabang terbesar menimpa rumah yang terletak beberapa meter sebelah Timur Tugu Kebangkitan Nasional itu. Sementara lainya jatuh menutup jalan. Beruntung, bagian depan rumah Joko menggunakan atap dak beton sehingga kerusakan hanya terlokaslisir di bagian belakang yang masih menggunakan genteng.

Menurut istri Joko, pohon tersebut tumbuh miring ke arah rumahnya. Ia mengaku sudah sejak lama meminta Pemkot Solo agar cabang yang mengarah rumahnya itu dipotong. Namun permintaannya itu tak pernah direspon.

“Sudah saya bilang dari dulu agar dipotong. Saya sendiri kalau memotong juga salah karena itu bukan milik saya. Sekarang kalau seperti ini salah siapa,” kata dia.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Hasta Gunawan menyebutkan, sudah berupaya mengantisipasi dengan memangkas pohon-pohon yang rawan dan membahayakan. Namun ia mengakui, DKP tidak bisa mengawasi satu per satu pohon yang ada di Solo karena jumlahnya yang terlalu banyak.

“Pohon angsana ini memang tumbuhnya cepat tapi batangnya getas. Kalau ada angin kencang seperti tadi sangat rawan sekali patah. Kita sendiri kewalahan kalau harus mengawasi satu per satu pohon yang ada,” kata dia.

Ia menambahkan, cuaca tak menentu akhir-akhir ini menimbulkan masalah tersendiri. Meski singkat, hujan deras disertai anign ribut sore itu ternyata sudah mematahkan empat pohon di Jalan Slamet Riyadi, Adi Sutjipto, Kebangkitan Nasional dan Bhayangkara. Selain itu, di Jalan Radjiman, satu baliho patah menimpa kabel listrik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge