0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jika TPA Berhasil, Luas Lahan Akan Ditambah Dua Kali Lipat

Rencana lokasi TPA Sementara (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Seorang warga Dukuh Biru, Desa Candirejo, Kecamatan Ngawen, mengeluhkan bau sampah dan debu jalan akibat dilalui truk pengangkut sampah. Meski sudah menerima sosialisasi beroperasinya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sementara Candirejo, ia meminta truk untuk tidak melewati jalan perkampungan.

“Sebelumnya memang sudah diberitahu akan ada pembuangan. Katanya mau dibuatkan jalan baru lewat sawah dan lewat sini hanya sementara. Ya harapannya semoga jalan baru cepat dibangun, karena enggak tahan baunya,” kata Sumarni (32) yang rumahnya terdekat dengan lokasi TPA, Selasa (14/6).

Sementara, Kepala Desa (Kades) Candirejo, Muryanto Darmo Suwito mengatakan, jarak TPA dengan pemukiman terdekat yakni Dukuh Biru sekitar 700 meter. Untuk sementara, truk pengangkut sampah memang melalui jalan pinggir kampung Dukuh Biru yang hanya melewati beberapa rumah warga.

Namun ke depan pihaknya akan membangun akses khusus armada sampah menuju TPA sementara. Total panjang jalan tersebut sekitar 800 meter, yakni 640 meter dari lahan kas desa dan 100 meter dari tanah pertanian warga.

“Kami sudah keluarkan Rp 70 juta untuk beli lahan pertanian warga. Nanti dibangun jalan khusus, panjang 100 meter lebar empat meter. Pembelian lahan berasal dari anggaran desa,” kata dia.

Jika TPA Sementara berjalan lancar pihaknya siap menambah luasan TPA hingga tiga hektar. Pasalnya, tanah di lahan seluas 9.000 meter persegi dengan nilai kontrak  Rp 20 juta per tahun itu merupakan tanah kurang produktif yang berada di pinggir desa.

Untuk diketahui, DPU ESDM Klaten selalu mendapat penolakan warga terkait keberadaan TPA Sementara. Tercatat, selama 2016 ini mulai dari TPA sementara di Desa Karangdukuh Kecamatan Jogonalan, Desa Gemampir Kecamatan Karangnongko, dan Desa Jogoprayan Kecamatan Gantiwarno, selalu ditolak.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge