0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pekan Kedua Ramadan, Harga Pangan Terus Naik

timlo.net/setyo pujis
pedagang bawang (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Upaya pemerintah  untuk menekan harga komoditas pangan melalui operasi pasar, tidak cukup berdampak signifikan pada perkembangan harga di pasaran. Pasalnya memasuki pekan kedua bulan Ramadan ini, sejumlah harga komoditas terus naik karena minimnya pasokan.

“Untuk gula pasir sekarang ini naik menjadi Rp 16.500 per kilogram, kenaikannya bertahap sejak beberapa bulan terakhir. Padahal normalnya hanya dikisaran Rp 12 Ribu per kilogram,” ujar salah satu pedagang sembako, Rani kepada wartawan, Selasa (14/6).

Selain gula pasir, tingginya harga juga terjadi pada komoditas bawang merah dan bawang putih. Untuk harga bawang merah asal Brebes, saat ini dipasaran telah menyentuh angka Rp 35-40 Ribu per kilogram, padahal sebelumnya hanya Rp 30 Ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih masih stabil tinggi diangka Rp 40 Ribu per kilogram.

“Kita kurang tahu penyebabnya apa, tapi yang jelas dari pemasok harganya segitu,” jelasnya.

Sementara itu, kondisi yang sama juga terjadi pada harga ikan nila. Pedagang ikan, Yatmini mengaku harga ikan nila merah dipasaran saat ini menyentuh angka Rp 32 Ribu per kilogram. Padahal sebelumnya hanya Rp 28 ribu per kilogram.

“Naiknya harga karena pasokan barang berkurang. Karena mahalnya harga itu, permintaan ikan nila juga turun sekitar 20 persen dari sebelumnya,” terang dia.

Sedangkan dari pantauan lainnya, harga daging sapi juga masih stabil tinggi, yaitu Rp 110-120 Ribu per kilogram. Bahkan mendekati Lebaran, harga diprediksi akan terus naik seiring dengan banyaknya kebutuhan masyarakat.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge