0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kontrak Rp 20 Juta Per Tahun, Ini Lokasi Baru TPA Sampah Sementara

timlo.net/aditya wijaya
Rencana lokasi TPA Sementara (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akhirnya kembali mengantongi lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sementara. Hal itu menyusul dipilihnya lahan kas Desa Candirejo, Kecamatan Ngawen, sebagai lokasi pembuangan sampah.

“Pakai lahan kas desa dengan luas sekitar 1 hektar. Sewanya selama dua tahun,” ujar Kepala Desa (Kades) Candirejo, Muryanto Darmo Suwito, Selasa (14/6).

Pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) akan menandatangani Memorandum of understanding (MoU) tersebut besok Rabu (15/6) sore. Adapun nilai sewa lahan seluas 9.000 meter persegi itu sebesar Rp 20 juta per tahun.

Disinggung soal sosialisasi terhadap warga terkait penggunaan lahan, Muryanto mengaku sudah menginformasikannya. Selain lahan yang digunakan merupakan lahan kurang produktif, warga juga diminta kerelaannya untuk ikut membantu memecahkan masalah sampah di Klaten.

”Sudah dirapatkan dengan warga lima kali. Mayoritas menyetujui adanya TPA Sementara di Candirejo. Komunikasi dengan kades sekitar lokasi TPA juga sudah dilakukan dan setuju. Namun ada beberapa poin kompensasi yang diminta warga,” ujar dia.

Sebagai informasi, TPA sementara yang terletak di Dukuh Biru tersebut berbatasan dengan Desa Troso dan Tarubasan, Kecamatan Karanganom, serta Desa Meger Kecamatan Ceper. TPA mulai digunakan Senin (13/6) kemarin, setelah dilakukan penataan lahan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge