0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penebangan Pohon Cemara Plasa Manahan, Forum Kota Wadul ke Dewan

timlo.net/achmad khalik
Forum Kota diterima Komisi II DPRD Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Sejumlah elemen warga yang tergabung dalam Forum Kota mendatangi Gedung DPRD Solo terkait rencana penebangan pohon cemara yang berada di Plasa Manahan, Selasa (15/6). Mereka meminta supaya kalangan legislatif memfasilitasi agar rencana  penebangan pohon cemara dapat diganti dengan solusi yang lain.

“Kalau bisa, kami meminta bantuan kepada Komisi II agar rencana penebangan pohon di Plasa Manahan tidak dilaksanakan,” terang pegiat Forum Kota, Budi Prajitno, Selasa (15/6).

Selain Budi Prajitno, anggota Forum Kota Solo yang juga hadir, diantaranya Mayor Haristanto, Yunanto Sutyastomo dan Bambang Sutopo. Mereka sependapat supaya Pemkot mengurungkan niat dalam melakukan penebangan pohon yang telah berusia ratusan tahun tersebut. Menurut mereka, penebangan seharusnya tidak dilakukan. Masih ada opsi lain supaya Plasa Manahan terlihat indah tanpa harus mengorbankan pohon cemara tersebut.

“Bukannya kami menghalangi pembangunan, melainkan bagaimana caranya supaya pohon cemara yang ada di Plasa Manahan tersebut dapat menyatu dengan bagunan ikon kota yang saat ini dikerjakan,” kata Bambang Sutopo,

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Komisi II, Supriyanto mengatakan, menyampaikan keluhan dan saran dari Forum Kota kepada Walikota Solo untuk menjadi pertimbangan terkait penebangan pohon cemara di Plasa Manahan. Meski begitu, sesuai fungsi dari legislaltif mereka tidak memiliki kewenangan mutlak untuk menghentikan penebangan yang dilakukan oleh Pemkot Solo.

“Keluhan dan saran kami tampung sebagai bahan pertimbangan bagi pihak eksekutif sebelum melakukan eksekusi penebangan pohon cemara,” ujar politisi Partai Demokrat tersebut.

Senada, Ketua Komisi II, YF Sukasno menanggapi hal tersebut menyarankan, elemen Forum Kota membuat pernyataan tertulis yang dapat dijadikan sebuah pertimbangan.

“Tentunya, akan kami sampaikan. Tapi kewenangan penuh terkait penebangan ada ditangan Pemkot saat ini,” ujarnya.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge