0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengintip Keindahan Merapi Lewat Gardu Pandang Bukit Gancik

Menikmati keindahan Gunung Merapi dari dekat di Gardu Pandang Bukit Gancik, Dusun Selo Tengah, Desa Selo, Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Menikmati keindahan Gunung Merapi tak harus dengan mendaki. Kni ada satu lokasi menarik yang bisa dijangkau tanpa harus naik ke puncak gunung tersebut. Ya, keindahan Gunung Merapi bisa dilihat melalui Gardu Pandang Bukit Gancik, Dusun Selo Tengah, Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali.

Menuju ke lokasi Gardu Pandang Bukit Gancik, juga tidak sulit. Bila takut kesasar, cukup bertanya kepada warga sekitar. Untuk menuju ke Bukit Gancik bisa menggunakan motor atau berjalan kaki dengan waktu tempuh 20 menit. Udara sejuk menuju ke lokasi akan menghilangkan penat setelah berjalan.

“Kalau pakai motor lebih dekat, tapi harus melewati jalur pertanian,” kata Eko Sulistyanto, salah satu warga yang menginisiasi Gardu Pandang.

Dijelaskan Eko, sejak lokasi dibuka untuk wisatawan, sudah banyak warga luar Boyolali, seperti Salatiga dan Solo, yang berkunjung ke lokasi. Dari gardu yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat tersebut, kegagahan Gunung Merapi terpapar jelas. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi berada di atas awan. Gardu pandang sendiri dibuat secara sederhana dari kayu dan bambu dengan ketinggian 10 meter tepat di Puncak Bukit Gancik.

“Kalau pengunjung yang ke sini selalu bilang sensasinya luar biasa,” ujarnya tertawa.

Diakui, saat ini, fasilitas yang tersedia masih sangat minim. Namun ke depan, pihaknya bersama karang taruna bakal menata lokasi Gardu Pandang agar menjadi lokasi wisata alternatif di kawasan Gunung Merapi. Penataan yang akan dilakukan seperti misalnya perbaikan jalur, pembuatan gardu pandang yang aman dan lebih estetis, serta pelibatan tim SAR yang berasal dari warga setempat untuk aspek keamanan pengunjung.

“Ini masih kita rancang, tujuannya pengunjung bisa merasa nyaman,” imbuhnya.

Pihaknya merasa diuntungkan dengan publikasi pengunjung melalui media sosial (Medsos), seperti facebook dan twitter. Dari foto-foto selfi  pengunjung yang diunduh ke Medsos, Gardu Pandang Bukit Gancik menjadi terkenal.

Salah satunya, Arif warga Klaten, mengaku mengetahui Gardu Pandang Bukit Gancik dari Medsos. Karena penasaran dengan keindahan panorama Gunung Merapi yang dilihat melalui Gardu Pandang, akhirnya Arif mendatangi lokasi.

“Ternyata benar, indah sekali, serasa kita berada di awan,” pungkasnya puas.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge