0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Tuntutan Warga Terdampak Limbah Segera Direalisasi

timlo.net/putra kurniawan
Suasana mediasi antara warga dengan PT SSA di Polsek Kartasura (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Polres Sukoharjo memfaslitasi mediasi antara warga Desa Gedangan, Kecamatan Grogol dengan pihak perusahaan Sumber Sandang Artoguno (SSA) di Polsek Grogol, Senin (13/6). Hasilnya perusahaan memenuhi dua tuntutan warga dengan tidak lagi membuang limbah cair ke sungai.

“Tuntutan warga ada tujuh poin yang diantaranya untuk menghentikan pembuangan limbah cair ke sungai, dan itu sudah bisa langsung disepakati. Namun untuk lima tuntutan warga lainnya masih menunggu hingga besok Kamis,” kata perwakilan warga, Zen Fatoni, Senin (13/6).

Secara keseluruhan, hasil  mediasi tersebut adalah, PT SSA menghentikan pembuangan limbah cair ke sungai terhitung sejak Kamis (16/6). PT SSA wajib merahabilitasi sungai dan lingkungan yeng tercemar limbah, kompensasi terhadap warga terdampak limbah, penyerahan sertifikat sebagai bukti kepemilikan tanah, usut tuntas oknum pemerintah yang diduga bermain, segera menyelesaikan ijin pembuatan Instalasi Pengelolaan limbah cair.

Pemilik perusahaan, Nilai Sutanto dengan terpaksa menyatakan akan memenuhi dua tuntutan warga mulai besok Kamis (16/6) pagi jam 08.00 WIB. Sedangkan tuntutan yang lain akan kembali dimusyawarahkan dengan warga Kamis malamnya di Balai Desa Gedangan.

“Intinya kita melakukan penanganan dengan pendekatan dan kami arahkan ke mediasi untuk mencari jalan keluar terbaik. Sehingga semua pihak tidak ada yang merasa dirugikan,” tandas Kasat Reskrim Polres Sukoharjo, AKP Dwi Haryadi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge