0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ramadan, Harga Gula Melambung

dok.timlo.net/agung widodo
Pedagang gula di Pasar Bunder Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Sepekan memasuki bulan Ramdan 1437 H, sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Bunder Sragen masih mengalami kenaikan. Kenaikan harga terutama terjadi pada gula pasir dan gula merah. Kendati begitu, kondisi tersebut tak mempengaruhi daya beli masyarakat.

“Kalau biasanya selama puasa sampai lebaran harga gula cenderung naik. Trennya memang seperti itu,” kata salah satu pedagang di Pasar Bunder Sragen, Sutarjo (43), Senin (13/6).

Sutarjo menjelaskan, harga gula pasir lokal di tingkat pengecer mencapai Rp 17.000 hingga 18.000/kilogram. Sebelumnya harga gula ini hanya Rp 13.000/kilogram. Namun harga gula lokal itu lebih mahal dibanding gula pasir impor seharga Rp 16.000/kilogram.

“Gula lokal paling banyak dicari masyarakat. Untuk gula impor lebih stabil,” jelas Sutarjo.

Selain gula pasir, kenaikan juga terjadi pada gula merah. Harga gula merah melejit hingga Rp 18.000/kilogram dari sebelumnya yang berkisar antara Rp 12.000 hingga Rp 13.000/kilogram.

Meski mengalami kenaikan, barang-barang tersebut tetap dicari konsumen. Pasalnya gula pasir dan gula merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa digantikan dengan bahan makanan lainnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge