0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ajari Anak Memperlakukan Anjing Peliharaan Dengan Benar

Dok: Timlo.net/ DogChannel.com
Anak bermain dengan anjing peliharaan. (Dok: Timlo.net/ DogChannel.com)

Timlo.net—Anjing bisa menjadi binatang peliharaan yang tepat untuk anak Anda. Ada banyak penelitian yang membuktikan manfaat positif dari keberadaan anjing dalam kehidupan anak. Walaupun cinta adalah satu-satunya bahasa yang dimengerti anjing peliharaan, tapi ada beberapa hal yang harus diajarkan pada anak Anda dalam memperlakukan anjing peliharaan.

Jangan berteriak atau memukul

Seperti halnya manusia, anjing Anda juga tidak suka bila ada orang yang berteriak kepadanya. Dan anak Anda harus tahu hal tersebut. Teriakan yang tiba-tiba bisa membuat anjing kaget, gelisah dan resah. Anjing sensitif terhadap suara dan suara-suara keras berpengaruh buruk bagi mereka.

Jangan ganggu waktu makan

Kebanyakan anjing menunggu waktu makan mereka dengan antusias. Tidak seperti kita, mereka hanya makan jika diberi makan dan mereka sangat menghargai waktu makan mereka. Oleh karena itu jika anak Anda ingin bermain saat anjingnya sedang makan, minta sang anak menahan diri. Kebanyakan anjing ingin makan dengan damai dan mereka tidak akan suka jika ada orang yang menaruh tangan mereka di mangkok makanan atau menganggu mereka saat makan.

Jangan tawarkan cemilan tidak sehat

Anak Anda suka memberikan makanan kepada anjing peliharaan. Tapi kebiasaan ini tidaklah selalu aman. Makanan anjing berbeda dengan makanan manusia. Ada beberapa makanan yang bermanfaat bagi manusia tapi justru merugikan bagi anjing, contohnya adalah coklat dan makanan berkafein lainnya. Ajari anak untuk tahu makanan atau minuman apa yang boleh dan tidak boleh diberikan kepada anjing.

Biarkan anjing tidur

Anjing Anda baru selesai bermain, makan dan siap untuk tidur tapi anak Anda ingin bermain dengannya. Membiarkan anak Anda menganggu tidur si anjing entah dengan bermain dengan telinganya atau membangunkan dia, bukanlah yang baik. Biarkan anak Anda tahu jika mereka harus membiarkan binatang peliharaan mereka beristirahat saat dia butuh dan tidak memaksanya untuk bermain. Jika si anjing memang ingin bermain, dia akan merespon si anak.

Sumber: Times of India.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge