0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikira Gempa Tektonik, Aktivitas Gunung Merapi Normal

dok.timlo.net/aditya wijaya
Screenshot Twiter BPPTKG (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun Twitter-nya menginformasikan aktivitas gempa tektonik di Gunung Merapi. Namun demikian, aktivitas gunung yang membentang di empat kabupaten tersebut berstatus normal.

“12.28 terekam gempa tektonik di sta seismik #merapi jam 12:25:30 WIB,” tulis akun @BPPTKG yang mendapat Retweet hingga 11 kali, Senin (13/6).

Selang beberapa menit, akun @BPPTKG meralat postingan tersebut. Hal itu berdasarkan analisa detail di stasiun seismik yang terjadi adalah rekaman guguran, bukan gempa tektonik.

“12.49 Koreksi postingan sebelumnya di https://t.co/ldxTxjveqs stlh dilakukan analisa detail adlh rekaman guguran.12.56 guguran tsb tidak terlihat,hanya terdengar olh warga dr Deles pada saat yg bersamaan. demikian koreksi postingan sblmnya. terimakasih,” tulis akun Twitter yang memiliki 65 ribu followers itu seraya mencantumkan gambar rekaman seismik.

Sementara itu, seorang relawan Paguyuban Siaga (Pasag) Merapi, Jack Donald mengatakan, cuaca di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang cerah. Ia mengaku tidak merasakan guncangan gempa dan masyarakat beraktivitas seperti biasa. Sebab jika terjadi perubahan pada status Merapi, BPPTKG pasti memberikan ‘alarm’ kepada warga.

“Aman. Kalau misalnya ada jugrukan (Merapi) kadang terdengar. Ini enggak terasa dan tidak terdengar suara gemuruh,” kata relawan Pasag Merapi itu saat dihubungi Timlo.net.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge