0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngabuburit, Menghibur Sekaligus Galang Dana untuk Fakir Miskin

timlo.net/tarmuji
Paguyuban Seniman Seniwati Batunesi menghentak sudut lampu merah Baturetno (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Ada cara lain untuk mengisi waktu menjelang buka puasa saat bulan Ramadan atau sering disebut dengan Ngabuburit. Seperti yang dilakukan oleh komunitas seninam seniwati Wonogiri bagian selatan ini. Mereka memberikan hiburan kepada masyarakat sekaligus kegiatan amal.

Paguyuban Seniman yang menamkan dirinya Batunesia alias Baturetno Selatan menghentak di sudut kota Kecamatan Banturetno, Minggu (12/6) petang. Berbagai lagu seperti dangdut, campursri, bahkan lagu-lagu religi mereka bawakan untuk menghibur masyarakat.

Namun bedanya, kawanan seniman ini tidak berada di atas panggung. Mereka hanya menggelar perlengkapannya di sudut lampu merah perempatan kota kecamatan Baturetno. Sementara beberapa kotak amal yang telah disiapkan.

“Ini roadshow kami pertama kali di Baturetno,ada sekitar 15 penyanyi dan belasan seniman Batunesia yang kami libatkan dalam kegiatan amal,” ungkap Koordinator Paguyuban Batunesia, Wahyu Nugroho, Minggu (12/6).

Setelah sukses di Baturetno, rencananya kegiatan ini akan menggelar show di beberapa kecamatan. Pekan depan, komunitas ini akan menghibur warga Kecamatan Pracimantoro, kemudian Tirtomoyo dan kembali lagi di Baturetno.

“Selain memberikan hiburan, kami juga membuka kotak amal bagi penonton atau pengguna jalan yang lewat untuk berpartisipasi dalam kegiatan amal yang kami lakukan ini,” ujarnya.

Mereka tak hanya pamer kepiawaian dalam mengolah vokal dan musik, namun merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap sesama.

“Rencananya setelah dana terkumpul nanti kita akan serahkan kepada para fakir miskin. Tapi sebelumnya kita akan hunting data kaum fakir miskin dahulu biar donasi ini nanti tepat sasaran,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge