0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Baca Puisi Dapat Bibit Tanaman, Mau?

timlo.net/achmad khalik
Seorang anak memilih tanaman usai membaca puisi di CFD Jalan Slamet Riyadi Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Dengan lantang, Raditya Suryo Wicaksono (10) membaca puisi di gelaran car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (12/6) pagi. Dengan ekspresi mendalam bocah yang duduk dibangku kelas IV Sekolah Dasar (SD) tersebut nampak menyelami puisi berjudul “Di Kamis Malam Ini Selalu Hujan”. Seusai membacakan puisi tersebut, siswa SD Pangudi Luhur ini diperbolehkan untuk memilih sebuah tanaman dan dibawa pulang. Tanaman tersebut merupakan hadiah dari keberaniaannya membaca puisi di tengah umum.

“Seneng dapat tanaman,” kata bocah itu lugu.

Koordinator Kegiatan Fanny Chotimah, mengatakan kegiatan yang dilakukan mengusung tema “Bibit Puisi”. Kegiatan tersebut, bertujuan untuk mengasah keberaniaan dan kecintaan anak terhadap karya sastra. Selama ini, karya sastra Indonesia kurang diminati oleh kalangan masyarakat. Masyarakat cenderung disibukan dengan banyak menonton televisi maupun permainan gadget yang dinilai lebih menarik.

“Kegiatan ini sebagai bentuk, mengenalkan karya sastra kepada anak sejak dini,” terang Fanny.

Disinggung terkait bibit tanaman yang diberikan, dia mengaku bahwa kebanyaka karya sastra biasanya banyak dihubungkan dengan alam, seperti gunung, air, sungai maupun tanaman itu sendiri. Tak jarang, alam menjadi inspirasi dalam menciptakan sebuah karya sastra. Maka dari itu, selain menciptakan keterkaitan tersebut dirinya juga ingin mengajarkan supaya anak mencintai tanaman dan merawatnya hingga berkembang.

“Biasanya kami membawa sekitar 40an tanaman. Karena ini bulan puasa, kami kurangi setengahnya. Upaya ini sekaligus untuk mengajarkan supaya anak cinta tanaman,” terang Fanny.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge