0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Biar Tidak Corat-coret Saat Pengumuman, Siswa Disuruh Pakai Jas

foto: Agung
Siswa SMP Al Qolam Gemolong pakai jas saat ambil kelulusan. (foto: Agung)

Sragen – Merayakan kelulusan sekolah bisa dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Qolam Gemolong Sragen ini. para siswa ketika mengambil hasil kelulusan ujian nasional (UN) diwajibkan memakai jas.

“Cara ini untuk menghindari aksi corat-coret yang biasanya dilakukan saat merayakan kelulusan. Kalau pakai jas khan tidak mungkin terjadi itu,” kata Kepala SMP Al Qolam Gemolong, Abdurahman, Sabtu (11/6).

Menurut Abdurahman, cara tersebut memang tidak biasa dilakukan sekolah lain. Para siswa lelali memakai jas lengkap dengan dasi saat datang ke sekolah untuk mengambil pengumuman. Semetara untuk siswinya memakai batik lengkap dengan jilbab. Dengan memakai jas dan baju batik, selain menghindari corat coret, para siswa juga tidak melakukan konvoi di jalanan.

Sedangkan seragam putih biru yang biasa dipakainya tetap mereka bawa dalam keadaan terlipat, bersih dan rapi telah diseterika. Rencananya seragam bekas masih pantas pakai tersebut akan mereka sumbangkan kepada adik kelas yang membutuhkan.

Usai menerima surat kelulusan dan pembagian seragam sekolah bekas, para siswa melakukan sujut sukur di halaman sekolah bersama para guru.

“Ini menunjukan rasa syukur kepada Allah yang telah memberi kemudahan ketika mengerjakan soal UN, yang ahirnya mereka lulus seratus persen,” jelas Abdurahman.

Salah satu siswi, Anggraini mengaku senang, lantaran selain lulus sekolah juga bisa berbagi seragam untuk adik kelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge