0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

April 2016, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Turun 14,64 Persen

Dok.Timlo.info/ Arin
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Dok.Timlo.info/ Arin)

Solo – Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang melalui Bandara Internasional Adi Sumarmo pada April 2016 mengalami penurunan. Bahkan jika dibanding pada bulan sebelumnya, penurunan jumlah wisman tersebut mencapai 14,64 persen.

“Selama April kemarin, jumlah wisman yang datang sedikitnya mencapai 548 orang, atau turun dari bulan sebelumnya yang mencapai 642 orang,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Sabtu (11/6).

Sedangkan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, atau April 2015 penurunan jumlah wisman mencapai 112 orang atau 16,97 persen. Dikatakan dia, berdasarkan survei yang dilakukan, jumlah wisman paling banyak didominasi dari warga negara Malaysia.

“Untuk warga negara Malaysia totalnya mencapai 424 orang, kemudian disusul Thailand 17 orang, Philipina dan Selandia Baru masing-masing lima orang dan Belanda 4 orang,” jelasnya.

Menurut Bagus, turunnya jumlah wisman tersebut karena dipengaruhi kondisi ekonomi global yang sampai saat ini masih fluktuatif. Terlebih karena sejumlah maskapai mengurangi rute penerbangan ke Luar Negeri.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge