0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berkah Ramadan, Stok Lima Ton Kolang-kaling per Hari Habis

foto: Setyo
Pedagang kolang-kaling (foto: Setyo)

Solo – Bulan Ramadan menjadi berkah tersendiri pedagang kolang-kaling di Pasar Legi. Pasalnya dengan adanya momen tersebut permintaan dari masyarakat meningkat secara drastis jika dibanding hari normal.

“Jika hari normal biasanya satu kwintal kolang-kaling tidak habis. Tapi kalau masuk bulan Ramadan bisa melonjak hingga puluhan kali lipat,” ujar salah satu pedagang kolang-kaling di Pasar Legi, Suwarno kepada wartawan, Sabtu (11/6).

Karena tingginya permintaan tersebut ia telah menambah stok hingga lima ton perhari. Para pembeli yang datang tidak hanya dari masyarakat secara umum, tapi juga dari para pedagang yang ingin dijadikan sebagai bahan dasar untuk menu takjil.

“Untuk stok barang sendiri kita ambil dari berbagai daerah. Seperti Bengkulu, Medan dan daerah Jawa Barat,” jelasnya.

Karena tingginya permintaan itu, Suwarno juga menyampaikan harga kolang-kaling turut merangkak naik. Dari sebelumnya Rp 8.500 per kilogram sekarang menjadi Rp 10 Ribu per kilogram.

Selain kolang-kaling permintaan Janggelan juga meningkat. Pedagang Janggelan Miyati secara terpisah menyampaikan, saat bulan puasa ini permintaan janggelan perhari ditempatnya bisa mencapi 100 kotak. Padahal saat hari normal rata-rata hanya dua kotak.

“Kalau harga jual sampai saat ini kita masih normal, yaitu Rp 32 Ribu per kotak” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge