0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lahan “Bero” Karanganyar bakal Ditanami Tebu

dok.timlo.net/nanang rahadian
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat mencoba traktor bantuan (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berencana memanfaatkan lahan milik perorangan yang tidak produktif  untuk menanam tebu. Langkah itu untuk meningkatkan hasil panen tebu sehingga produksi gula meningkat.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Karanganyar BPN memiliki data lahan “bero” di sejumlah kecamatan di Karanganyar,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Bupati mengaku mencoba merintis adanya lahan tebu lagi milik pengusaha di Kebakkramat, Gondangrejo, sebagian Colomadu dan Jaten. Menurutnya, banyak lahan yang dibiarkan “bero” dan mangkrak.

“Kalau dikomunikasikan ke pengusaha dan ternyata pemanfaatan masih lama, kan bisa ditanami tebu. Biar digarap anggota koperasi,” kata Bupati Juliyatmono, di Plasa Alun-Alun Kabupaten Karanganyar, Jumat (10/6).

Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan sejumlah bantuan alat dan mesin perkebunan kepada tiga koperasi petani tebu rakyat (KPTR) di Karanganyar. Bantuan berupa traktor, truk, pompa air, hand refractometer, fertilizer aplicator, dan lain-lain. Bantuan dari APBN Tahun 2015.

Menurut Juliyatmono setelah berkonsultasi dengan BPN Karanganyar, bahwa pemerintah boleh mengelola tanah milik perorangan yang bera itu dalam jangka waktu tertentu. Menurutnya, rata-rata pengusaha di kecamatan itu memiliki lahan 25-50 hektare. Tetapi, pemilik tanah membiarkan lahan itu tidak dimanfaatkan dalam jangka waktu tertentu.

“Kami akan mendata ulang lahan yang bera dan bisa dimanfaatkan itu berapa,” tuturnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge