0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Piala Eropa

Payet Tentukan Kemenangan Prancis atas Rumania

dok.timlo.net/gg
Timnas Perancis menang (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net — Piala Eropa 2016 resmi dimulai. Tuan rumah Prancis berhasil melewati ujian pertamanya dalam laga pembuka. Les Blues susah payah mengalahkan Rumania 2-1 di Stade de France, Sabtu (11/6) dinihari, lewat gol penentu Dimitri Payet.

Di menit ke-14, Griezmann nyaris membawa Prancis unggul. Crossing Bacary Sagna dari sisi kanan membentur Chiriches yang ada di dalam kotak penalti. Bola muntah langsung disundul oleh Griezmann tapi masih membentur tiang gawang.

Kembali Griezmann nyaris membobol gawang Rumania. Tapi sepakannya meneruskan umpan Payet dari sisi kanan bisa diblok oleh Sapunaru. Hingga babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Gelombang serangan terus dilancarkan Prancis di awal babak kedua, untuk memburu gol. Di menit ke-52, giliran Giroud yang mendapat peluang bagus. Namun, usai menerima umpan terobosan dari Payet, sepakan Giroud masih mengarah tepat ke Tatarusanu. Pun halnya dengan tendangan voli Paul Pogba masih bisa dihalau Tatarusanu dengan kakinya.

Kesabaran Prancis berbuah manis di menit 58. Diawali dari sisi kanan, Payet mengirim umpan ke dalam kotak penalti. Giroud mampu menyundul bola ke dalam gawang meski di saat bersamaan Tatarusanu juga berupaya menangkap bola. Namun bola terus mengalir ke gawang Rumania. Pendukung Prancis pun bersorak.

Kebobolan, Rumania langsung bereaksi. Di menit ke-65, serangan Rumania gagal dihalau dengan sempurna oleh lini belakang Prancis. Patrice Evra kemudian melakukan pelanggaran terhadap Stanciu yang membuat wasit menunjuk titik putih. Stancu sendiri yang menjadi eksekutor menjalankan tugas dengan baik. Skor sama kuat 1-1.

Prancis melakukan pergantian pemain di lini depan. Griezmann ditarik keluar dan digantikan oleh Kingsley Coman dan Anthony Martial juga dimasukkan menggantikan Pogba. Tak lama setelah masuk, Martial langsung mendapat peluang. Tapi sepakannya usai bekerja sama dengan Giroud masih terlalu lemah dan bisa diamankan oleh Tatarusanu.

Dimitri Payet akhirnya menjadi pahlawan kemenangan Prancis. Saat waktu normal kurang dari satu menit, gelandang West Ham United ini menceploskan si kulit bundar dari luar kotak penalti. Sepakan kaki kirinya mengarah ke pojok kiri atas gawang Rumania tanpa bisa diantisipasi oleh Tatarusanu.

Di waktu sisa, kedua tim masih melakukan upaya mencetak gol. Terutama Rumania yang ingin menyamakan kedudukan. Akan tetapi sampai wasit meniup peluit panjang, skor 2-1 untuk Prancis tak berubah. Hasil ini membuat Prancis memimpin sementara klasemen Grup A. Laga Grup A lainnya akan dipertandingkan malam nanti antara Albania kontra Swiss.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge