0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TNI, Pemkab dan Warga Kerja Bakti Tambal Bendungan

dok.timlo.net/nanang rahadian
Danrem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel (Inf) Maruli Simanjuntak dan Bupati Karanganyar Juliyatmono meninjau bendungan (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Anggota TNI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, dan warga bekerja bakti memperbaiki bendungan Plumpung di Desa Tlobo, Jatiyoso. Akibat jebolnya bendungan tahun 2013 lalu area persawahan seluas 220 hektare (Ha) di Desa Tlobo, Jatiyoso, dan Desa Jatiwarno, Jatipuro kesulitan mendapatkan air saat musim kemarau atau pada musim tanam (MT) II dan III.

“Kita bergerak cepat dengan mengerahkan anggota dibantu Pemkab dan warga sekitar membuat bendungan bronjong,” kata Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama Surakarta, Kolonel (Inf) Maruli Simanjuntak.

Danrem mengatakan petani yang nekat menanam padi maka lahannya akan beralih menjadi sawah tadah hujan. Meski petani sudah berusaha mengalirkan air dari sungai ke sawah menggunakan bambu saat MT II dan III. Tetapi, debit air tidak banyak.

“Kerja bakti melibatkan 50 orang anggota TNI dan warga sejak Rabu (1/6). Mereka membuat beronjong sepanjang empat meter dan tinggi empat meter. pembuatan bendungan dengan menyudet aliran Sungai Jlantah,” kata Danrem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel (Inf) Maruli Simanjuntak, Rabu (8/6).

Kol Maruli menambahkan, pekerjaan mereka sempat terganggu karena banjir beberapa waktu lalu. Banjir menghanyutkan batu yang akan digunakan membuat bendungan. Namun kendala itu bisa diatasi.

“Ini kerjasama yang luar biasa, awal yang bagus untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengapresiasi bantuan tenaga dan materi dari Korem. Dia merasa terpacu membangun kembali bendungan Plumpung di aliran Sungai Jlantah.

“Bantuan beronjong untuk bikin bendungan ini nilainya sangat besar. Tenaga sukarelawan dari TNI juga luar biasa,” tutur Juliyatmono.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge