0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semburan Lumpur Muncul dari Sumur Bor, Warga Kaget

Semburan lumpur di Balikpapan (merdeka.com)

Timlo.net — Warga Balikpapan, Kalimantan Timur, dihebohkan dengan semburan lumpur setinggi 35 meter, di kawasan Sepinggan, Balikpapan, Kamis (9/6). Hingga malam ini, lumpur terus menyembur. Semburan lumpur itu berlangsung sekitar pukul 11.30 WITA siang. Dipastikan, semburan lumpur tidak mengandung gas berbahaya.

Warga yang tinggal di sekitar Gereja Bethany, bermaksud menggali tanah sedalam hampir 100 meter, untuk mendapatkan air tanah, lantaran belakangan kesulitan mendapatkan air bersih.

“Setelah beberapa menit ditinggalkan, mendadak muncul semburan lumpur dari lokasi galian itu. Semburannya sekitar 35 meter,” kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Fajar Setiawan, Kamis (9/6) malam.

Kepolisian yang tiba di lokasi bersama dengan teknisi dari PT Pertamina (Persero) dan perusahaan migas Total Indonesia, melakukan pengecekan terkait semburan lumpur itu.

“Tidak ada kandungan gas berbahaya. Tapi warga tetap diminta waspada, mengingat material lumpurnya sangat kental,” ujar Fajar.

Di sekitar lokasi, berdiri bangunan panti jompo, panti asuhan, pengurus gereja dan rumah pemuka agama. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, para penghuni terpaksa diungsikan sementara waktu.

“Ke tempat yang lebih aman, sampai sejauh mana semburan lumpur kental dan pekat itu berhenti,” sebut Fajar.

Sejauh ini, kepolisian terus memantau kelangsungan semburan lumpur. Peristiwa itu cukup membuat heboh warga Balikpapan, lantaran lokasinya yang berada di sekitar pinggir jalan. Meski demikian, Fajar memastikan, lokasi kejadian tidak dipadati permukiman penduduk.

“Ada garis batas polisi atau police line dipasang dengan radius sekitar 20 meter. Perkembangannya terus dipantau, kalau terus meluas, radius diperluas. Upaya sejauh ini belum sampai kepada evakuasi melibatkan banyak orang,” tandasnya.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge