0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kelas 7 dan 8 Ikuti Pesantren Ramadan

timlo.net/eko prasetyo
kegiatan Pesantren Ramadan (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Siswa-siswi kelas 7 dan 8 SMP Islam Terpadu (SMPIT) Nur Hidayah Surakarta, selama empat hari mulai Kamis (9/6) hingga Minggu (12/6) mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan. Kegiatan itu yang berlangsung di sekolah setempat untuk mengisi datangnya bulan suci Ramadan.

“Tujuannya untuk meningkatkan kualitas ibadah siswa dan meningkatkan amalan di bulan Ramadan,” jelas Koordinator Kegiatan Pesantren Ramadan, SMPIT Nur Hidayah Surakarta, Muhammad Suhadi kepada wartawan.

Menurut Suhadi, Pesantren Ramadan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar di SMPIT Nur Hidayah Surakarta. Berbagai kegiatan dilaksanakan, seperti Bakti Sosial (Baksos), kajian untuk guru dan itikaf pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan yang ditujukan untuk siswa dan guru.

Selama empat hari, lanjut Suhadi, siswa-siswi kelas 7 dan 8 di SMPIT Nur Hidayah ini mendapat materi baik dari ustad di SMPIT Nur Hidayah maupun dari luar. Untuk Pesantren Ramadan kelas 7, materi yang disampaikan kaitannya dengan bagaimana mencetak generasi yang berjiwa Qurani. Sehingga harapannya, seluruh peserta didik bisa memiliki karakter seperti yang ada di dalam Alquran. Kemudian untuk yang kelas 8, materi yang diberikan kaitannya dengan bagaimana mencetak generasi hebat sebagai pilar umat.

“Untuk hari pertama, waktu pelaksanaan Pesantren Ramadan hanya pagi hingga sore. Namun untuk hari kedua, hanya untuk siswa putri saja dan bermalam alias Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) disekolah sampai hari ketiga. Lalu hari ketika, giliran siswa putra yang Mabit di sekolah sampai hari keempat,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge