0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

THR Dibayar Terlambat? Laporkan ke Posko KSPN!

dok.timlo.net/nanin
Buruh pabrik (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Boyolali bakal membuka posko pengaduan pembayaran tunjangan hari raya (THR). Posko ini nantinya terbuka untuk buruh pabrik yang hendak menyampaikan permasahan terkait dengan THR. KSPN juga mengancam akan menyelesaikan melalui jalur hukum kepada perusahaan yang nakal.

“Silahan melapor bila THR dibayar terlambat, tidak dibayar penuh atau bahkan tidak dibayar sekali, kita akan lakukan pendampingan,” kata Ketua DPD KSPN Boyolali, Wahono, Kamis (9/6).

Dijelaskan, sesuai dengaan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No 6 tahun 2016 tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya, sangat jelas diatur, perusahaan wajib membayarkan THR dengan masa kerja lebih dari satu bulan. THR tidak hanya diberikan kepada karyawan tetap, namun juga kepada karyawan kontrak dan pekerja lepas. Bila perusahaan tidak membayarkan THR maka terancam sanksi, seperti denda  dan sanksi administratif seperti pembekuan usaha hingga pencabutan usaha.

“Bagi kami sanksi ini masih kurang tegas, kita akan dorong upaya penegakan hukum kepada perusahaan yang tidak membayarkan THR,” imbuhnya.

Di Kabupaten Boyolali sendiri ada 35 ribu buruh yang bekerja di 600-an perusahaan. Dari jumlah tersebut, ternyata masih banyak perusahaan yang tidak membayarkan THR sesuai aturan. Dari hasil monitorong dan investigasi tahun lalu, hanya 15 persen perusahaan yang membayarkan THR sesuai aturan. Lainya tidak jelas, seperti dibayarkan separuh dan tidak membayar sama sekali.

“Bahkan ada yang hanya membayar Sembako saja,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge