0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Proyek Molor, Kinerja DPU Solo Dinilai Buruk

dok.timlo.net/red
Ketua Komisi II DPRD Solo YF Sukasno (dok.timlo.net/red)

Solo — Molornya sejumlah proyek pembangunan di Kota Solo yang dikerjakan oleh Pemkot membuat kecewa kalangan legislatif. Mereka menuding Pemkot kurang maksimal dalam menyelesaikan persoalan non teknis yang terjadi dilapangan.

“Kami mengira, ini masalah non teknis. Kalau masalah teknis terkait DED dan kesiapan dana semua sudah oke (beres),” terang Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno, Kamis (9/6).

Politisi PDIP ini sangat menyesalkan terkait pembangunan dua proyek besar yakni underpass Viaduk Gilingan serta Jembatan Tirtonadi. Padahal, anggaran untuk pembuatan dua proyek besar tersebut telah tersedia. Masalah non teknis seperti pembebasan lahan kerap menjadi alasan terkait tersendatnya sebuah proyek pembangunan.

Sukasno mencontohkan pembangunan Jembatan Sabrang Lor, Jebres. Proses pembebasan lahan pada proyek Jembatan Sabrang Lor Jebres, membutuhkan waktu lebih dari setengah tahun hanya untuk bernegosiasi dengan dua orang pemilik lahan disana. Sedangkan, untuk pembangunan dua proyek tersebut ada beberapa warga yang menghuni kawasan berdampak proyek pembangunan.

“Lha kalau dua warga saja butuh setengah tahun, kalau ada lebih banyak warga lagi butuh berapa tahun lagi,” ujar Sukasno.

Jika gagal dikerjakan tahun ini, lanjut Sukasno, bukan tak mungkin Pemkot akan mendapat evaluasi buruk dari pemerintah pusat. Akibatnya akan berdampak bagi masyarakat dan penilaian kinerja buruk bagi Pemkot sendiri.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan, Pemkot terancam tak akan mendapat kucuran dana pusat untuk proyek lainnya apabila tak mengoptimalkan anggaran yang ada. Ia pun meminta DPU untuk bekerja keras menyelesaikan tahapan proyek sebagaimana kewajibannya.

“Jangan sampai mangkrak dan mengakibatkan anggarannya hangus. Selama ini raport mereka buruk, makanya harus bekerja keras lagi,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge