0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PLN Antisipasi Pasokan Listrik Saat Ramadan dan Lebaran

(Ilustrasi) jaringan listrik PLN (dok.merdeka.com)

Solo – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Solo sediakan trafo cadangan selama Ramadan. Hal itu dilakukan guna meningkatkan pelayanan serta mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan.

“Selain menyediakan trafo mobil di setiap rayon, selama Ramadan ini kita juga sediakan sedikitnya 82 unit trafo cadangan,” ujar Asisten Manajer Jaringan PLN Area Surakarta, Ronny Afrianto kepada wartawan, kemarin.

Dikatakan dia, trafo cadangan tersebut diperlukan karena selama Ramadan dan saat menjelang Lebaran konsumsi listrik masyarakat cenderung meningkat. Sehingga dengan adanya kesiapan tersebut diharapkan dapat menjamin pasokan listrik kepada masyarakat.

“Kalau awal Ramadan ini peningkatan konsumsi masih belum begitu kelihatan. Karena dengan beban puncak sekitar 680 MW saat ini, kita masih surplus sekitar 200 MW,” jelasnya.

Kendati demikian, ia memprediksi akan ada kenaikan beban listrik sekitar 20 persen pada saat menjelang Lebaran. Kenaikan paling tinggi biasanya disumbang dari kalangan rumah tangga, khususnya di tempat yang banyak para pemudiknya.

“Kantong mudik itu biasanya terjadi di Sragen, Sukoharjo dan Wonogiri. Namun demikian kita tidak cukup kuwatir, karena pada saat menjelang Lebaran aktivitas industri juga berkurang,” tandasnya.

Sementara itu, Manager PLN Area Solo, Loenard Buntara dalam kesempatan yang sama menambahkan, untuk mengantisipasi situasi incidentil, PLN telah menyiapkan satgas sekitar 500 personil di Soloraya.

“Dengan adanya satgas tersebut, kita berharap dapat menangani gangguan secara lebih cepat. Sehingga tidak menggangu aktifitas masyarakat,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge