0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketua Dewan : Kasus Sunday Market Harus Jadi Pelajaran

timlo.net/achmad khalik
Ketua DPRD Kota Solo, Teguh Prakosa (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Polemik Sunday Market Manahan hendaknya menjadi pelajaran penting bagi Pemkot dalam melaksanakan kebijakan dan bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi mereka. Selain itu, kalangan legislatif juga diharapkan mengambil pelajaran dari kasus tersebut dalam hal pegawasan.

“Kasus ini menarik untuk menjadi pelajaran bagi kita semua, baik dari pihak eksekutif maupun legislatif,” kata ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa, Rabu (8/6).

Tegus menjelaskan, seharusnya pihak eksekutif dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) maupun UPTD Sarana dan Pasarana Olahraga (Sarpras) mustinya mampu mengelola aset yang dimiliki oleh Pemkot. Terlebih, aset tersebut menjadi lumbung pendapatan asli daerah (PAD). Jangan malah pengelola kawasan PAD menjadi raja kecil di tiap instansi mereka.

“Ini menjadi sebuah koreksi bagi mereka di eksekutif,” terangnya.

Sementara itu, kata Teguh, kalangan legislatif dalam hal ini Komisi III dinilai kurang cermat dalam membaca secara detail perihal sumber pemasukan yang dinilai janggal. Buktinya, kasus Sunday Market tersebut telah berlangsung beberapa tahun hingga akhirnya terkuak saat ini.

“Kenapa dalam penyusunan APBD tidak curiga dengna jumlah setoran PAD yang cukup sedikit itu. Kami juga perlu  lakukan evaluasi intenal di tubuh komisi terkait kasus tersebut,” jelas Teguh.

Saat ini kelanjutan kasus Sunday market yang saat ini sedang ditangani oleh Kejaksaan Negeri. Politisi PDI Perjuagan ini mengaku dalam proses pemerintahan banyak oknum yang dengan sengaja atau dalam keadaan lalai memanfaatkan kekuasaannya untuk kepentingan pribadi.

“Jangan sampai kasus ini (Sunday Market-red) terulang lagi di instansi lain. Biarkan ini menjadi pelajaran bagi kami maupun pemerintah,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge