0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PNS Berkinerja Rendah Ditawari Pensiun Dini

Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto
Ilustrasi: pegawai negeri sipil (PNS) (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Timlo.net – Rasionalisasi pegawai negeri sipil (PNS) tengah diwacanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk menata ulang formasi aparatur negara. Kemenpan-RB optimistis bisa merasionalisasi 330.000 PNS setiap tahun.

Angka ini di luar PNS yang memang pensiun secara alamiah. Salah satu langkah yang diambil ialah dengan menawarkan pensiun dini bagi PNS berkinerja dan kompetensi rendah.

Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mengungkapkan dirinya telah mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo untuk tidak melakukan pengurangan secara drastis.

“Tidak drastis, arahan presiden-wapres jangan diarahkan dengan drastis, tidak langsung tahun ini. Bertahap secara alamiah, artinya gradual, kalau misalnya usulan kami disetujui presiden tiap tahunnya akan ada percepatan penataan rasionalisasi 330.000 orang di luar pensiun secara alamiah,” kata Menteri Yuddy di Kantornya, Rabu (8/6).

Menteri Yuddy menjelaskan, program rasionalisasi ini bertujuan memangkas belanja negara. Ditargetkan di bawah 30 persen dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.

“Targetnya menurunkan belanja pegawai dari 33,8 persen menjadi di bawah 30 persen. Dalam kurun waktu 3 tahun ke depan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN RB, Herman Suryatman menjelaskan soal rencana rasionalisasi satu juta PNS yang dimulai 2017 mendatang.

Terhadap kelompok yang akan dirasionalisasi, selain akan didorong untuk dipensiundinikan atau melalui skema golden handshake atau pola pemberhentian lainnya sesuai aturan, juga akan dijajaki untuk diredistribusi ke tempat yang masih kekurangan PNS dengan diberikan Diklat terlebih dahulu.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge