0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wanita Penderita Migrain Beresiko Terkena Jantung dan Stroke

Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk.
Migrain. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk.)

Timlo.net—Sebuah penelitian menyimpulkan jika wanita yang menderita migrain memiliki kecenderungan besar untuk menderita masalah jantung.

Para ahli dalam penelitian itu menguji data lebih dari 110 ribu perawat yang mengikuti pemeriksaan the American Nurses’ Health Study. Sekitar 18 ribu dilaporkan menderita migrain saat diperiksa di awal. Selama 20 tahun tindak lanjut, para ahli mencatat jika terjadi 1.329 penyakit kardiovaskular besar dan 223 wanita mati karena penyakit itu.

Tim peneliti dari Jerman dan Amerika menemukan jika perawat yang menderita migrain memiliki resiko 50% menderita penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Mereka juga memiliki kecenderungan lebih besar untuk mati karena kondisi ini, menurut penelitian yang diterbitkan di The BMJ.

Wanita yang kerap menderita migrain harus memeriksakan diri untuk mengetahui resiko masalah jantung. “Analisa data dari prospektif besar dalam penelitian wanita ini menunjukkan jika migrain dihubungkan dengan penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit koronoer dan kematian karena penyakit itu,” tulis mereka.

“Hasil penelitian lebih lanjut menambahkan bukti jika migrain harus dianggap sebagai resiko penting yang menandai penyakit kardiovaskular, paling tidak bagi wanita,” tambah mereka.

Migrain memang umum diderita wanita dibandingkan pria. NHS Choices menyatakan jika kondisi itu, biasanya ditandai dengan rasa sakit di bagian depan atau sisi kepala. Sedikitnya satu dari lima wanita menderita migrain dan satu dari 15 pria menderita sakit ini.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge