0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanggul Teluk Penyu Jebol

merdeka.com
(merdeka.com)

Timlo.net – Ratusan rumah di Kelurahan Tegalkamulyan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir rob. Tanggul penahan gelombang Teluk Penyu jebol.

“Banjir rob melanda Kelurahan Tegal Kamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, terjadi pada pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB dengan ketinggian air mencapai 60 cm,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy, Rabu (8/6).

Menurutnya, banjir rob merupakan siklus bulanan atau tahunan itu menjebol tanggul penahan gelombang yang terkena abrasi sehingga air pasang tersebut masuk ke pemukiman maupun areal persawahan.

Kendati mengakibatkan terjadinya pengungsi, dia mengatakan tidak ada korban jiwa akibat banjir rob tersebut.

“Pengungsi untuk sementara ditampung di Balai RW 04 dan sedang dipersiapkan dapur umum. Kami masih mendata jumlah pengungsi dan kerugian material karena evakuasi masih berlangsung,” paparnya.

Tri Komara mengatakan, masyarakat menginginkan adanya penguatan tanggul Teluk Penyu terkena abrasi sebagai solusi untuk mengantisipasi agar air pasang tidak lagi masuk ke pemukiman sehingga mengakibatkan banjir rob.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge