0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gelombang Tinggi, Nelayan Pilih Bertani

dok.timlo.net/ist
Kondisi gelombang air laut di pantai selatan Wonogiri (dok.timlo.net/ist)

Wonogiri —  Lima lokasi pantai di Wonogiri sejak pekan lalu dalam pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah( BPBD) Wonogiri. Hal itu menyusul adanya informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika(BMKG) Jateng terkait tingginya gelombang pasang air laut.

“Untuk tinggi gelombang air laut saat ini mencapai empat sampai enam meter, khususnya di lima lokasi pantai yang ada di Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, yang  berbatasan dengan Samudera Hindia,” ungkap Kepala BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, Rabu (8/6).

Pantauan tersebut ia lakukan sejak Selasa (7/6) kemarin. Meliputi lima pantai yakni Pantai Nampu, Sembukan, Parangjoho, Klothok, dan Waru. “Kita sudah memasang rambu-rambu di sekitar pantai tersebut,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga telah berkoordinasi dengan camat dan para perangkat desa setempat untuk memberikan imbauan kepada para nelayan dan wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas di lokasi pantai hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Tapi sejauh ini kondisi pantai masih aman,” katanya.

Wahyudi, nelayan asal Paranggupito mengaku sejak awal pekan ini, lebih memilih berhenti melaut. Pasalnya gelombang air laut sejak awal pekan mengalami peningkatan. Perahu yang biasanya ia pakai mencari ikan pun telah ditambatkan,takut jika dibiarkan akan mengalami kerusakan akibat ganasnya gelombang.

“Untuk sementara kita memilih bertani dulu, nunggu kondisi aman baru melaut lagi,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge