0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tips Tetap Sehat Selama Puasa

Kurma (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Masyarakat Muslim menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan mulai dari 6 Juni hingga 5 Juli. Selama periode ini, mereka hanya makan dua kali per hari. Pertama saat sahur, dan yang kedua saat buka puasa (iftar).

Apa nasehat utama untuk mereka yang berpuasa? Jawabannya adalah pengendalian diri di malam hari. Seorang ahli medis di Kota Oxford, Inggris, Razeen Mahroof memperingatkan supaya orang tidak makan terlalu banyak selama waktu berbuka. “Pesan di bulan Ramadan ini adalah tentang pengendalian diri dan disiplin pribadi,” kata di situs NHS Choices.

Dia berkata saat sahur, menu makanan seharusnya meliputi makanan yang mengenyangkan dan memberikan energi selama berjam-jam. Menu makanan itu berupa makanan yang dicerna perlahan-perlahan seperti roti pita, sereal, roti bakar, sayuran dan lain-lain.

Ahli kesehatan menganjurkan supaya kita menghindari makanan yang tinggi lemak dan gula saat berpuasa juga makanan goreng terutama saat buka puasa dan di malam hari.

Lovely Ranganath, ahli nutrisi senior di Dubai World Trade Center berkata kepada Gulf News jika tidur dan minum banyak cairan di malam hari adalah kunci untuk tetap sehat selama Ramadan.

“Bangun saat sahur akan sulit karena mencerna makanan goreng menganggu siklus tidur kita,” katanya.

Dia berkata jika kurang cairan tidak hanya menyebabkan dehidrasi tapi juga masalah perut. Ada sekitar 1,6 trilyun umat Muslim di dunia. Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbanyak. Ada lebih dari 196 juta umat Muslim di Indonesia. Sementara itu di negara seperti Amerika Serikat, ada 3,3 juta umat Muslim.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge