0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Pertama Penukaran Uang, Transaksi Capai Rp 1,4 Miliar

timlo.net/setyo pujis
Petugas BI saat melayani penukaran uang dari masyarakat (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Antusiame masyarakat dalam melakukan penukaran uang pecahan kecil (UPK) cukup tinggi. Bahkan dihari pertama pelayanan dibuka, sedikitnya sudah ada 300 orang yang sudah mengantri.

“Dari jumlah tersebut, total transaksi yang telah dilakukan ada sekitar Rp 1,4 miliar,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Selasa (7/6).

Dikatakan dia, dari jumlah nominal penukaran uang pecahan kecil tersebut banyak didominasi uang pecahan Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu. Mereka melakukan penukaran, karena akan digunakan untuk kebutuhan pada saat lebaran.

“Untuk uang dengan pecahan Rp 5 ribu sedikitnya mencapai Rp 300 juta, pecahan Rp 10 ribu Rp 294 juta dan sisanya pecahan Rp 20 ribu, Rp 2 ribu dan Rp 1 ribu,” jelasnya.

Bandoe juga menyampaikan, hari pertama pelayanan penukaran tersebut ada sekitar tiga orang pengantri yang terpaksa tidak dilayani. Hal itu mengingat mereka tidak membawa screening KTP sebagai syarat wajib untuk melakukan penukaran.

“Screening KTP itu syarat wajib bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran. Hal itu untuk menjaga pemerataan penukaran,” tandasnya.

Selain itu, ia juga menghimbau agar masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan kecil agar dapat menata dan mengelompokan uang sesuai pecahannya. Karena hal itu meskipun sepele, namun dapat memperlambat proses penukaran.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge