0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diorama Museum Keris Bakal Dilelang

dok.timlo.net/achmad khalik
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Eny Tyasni Suzana (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo akan segera memulai proses lelang pembuatan diorama Museum Keris di bulan ini. Padahal, review terkait pembuatan diorama dari pemerintah pusat belum diterima hingga saat ini.

“Ini memang menjadi polemik di pihak kita. Tapi, kalau tidak segera dilaksanakan proses lelang maka akan semakin meyalahi aturan,” terang Kepala Disbudpar Kota Solo, Eny Tyasni Suzana, Selasa (7/6).

Sebagai pedoman pembuatan diorama, kata Eni, akan menggunakan DED yang dimiliki oleh pihak Disbudpar. Meski masih menunggu review atau perbaikan dari pemerintah pusat pihaknya yakin akan dapat dikerjakan seiring proses lelang yang berjalan.

“Waktunya sudah mepet, kami juga sudah ngoyak-ngoyak jika ada perbaikan yang harus dilakukan. Tapi, sejauh ini review yang kami tunggu juga tidak segera turun,” jelasnya.

Selain membuat diorama yang disesuaikan dengan bentuk dan karakter Museum Keris, Disbudpar juga akan menambah visualisasi digital serta dan story line yang diletakkan diruang utama museum yang terleta di Jalan Bhayangkara, Sriwedari tersebut.

Sehingga, kesan pengunjung yang datang ketempat itu langsung mendapat suguhan pengetahuan tentang kekayaaan budaya senjata keris yang dimiliki Bangsa Indonesia.

“Nanti pengerjaannya satu paket, mulai dari diorama, story line sampai visualisasi digital,” jelas Eny.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge