0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ijin Kadaluarsa, Lima Senjata Api Digudangkan Propam

ist
Pemeriksaan senjata api oleh Propam (ist)

Klaten — Propam Polres Klaten memeriksa ratusan senjata laras panjang maupun pendek milik personel Polres setempat, Selasa (7/6). Hal itu untuk mengetahui kondisi kelayakan senjata api petugas saat berdinas.

“Pengecekan ini rutin kami lakukan untuk mencegah penyalahgunaan senjata api oleh anggota kepolisian,” ujar Kapolres Klaten AKBP Faizal, Selasa (7/6).

Pemeriksaan itu, lanjut dia, agar senjata api dinas yang dipegang anggotanya tidak dimodifikasi. Misalnya, diubah-ubah atau diganti gagangnya dengan menggunakan kaca mika ataupun kayu ukiran yang tidak sesuai dengan keluaran pabrikannya.

“Di beberapa daerah ada kejadian oknum (anggota polisi) yang menyalahgunakan senjata api sehingga membahayakan masyarakat. Kami juga mengimbau kepada semua anggota untuk berhati-hati dan tidak sembarangan dalam menggunakannya,” imbuh kapolres.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Propam Polres Klaten Ipda Nahrowi menjelaskan, pemeriksaan meliputi surat ijin penggunaan hingga kebersihan senjata api. Adapun jumlah senjata api yang dicek sebanyak 37 pucuk senjata laras pendek dan 138 pucuk senjata laras panjang.

“Hasilnya, masih ada beberapa pucuk senjata yang kotor dan kurang perawatan. Lima pucuk senjata laras pendek sementara ditarik ke bagian logistik karena masa berlaku surat ijinnya habis, serta satu pucuk senjata laras panjang untuk proses perbaikan,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge