0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penderita HIV/AIDS Didominasi Laki-Laki

Ilustrasi HIV/AIDS (dok.timlo.net/red)

Boyolali — Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Boyolali setiap tahun mengalami peningkatan. Saat ini tercatat ada 285 penderita. Mayoritas penderita didominasi kaum laki-laki. Penyakit HIV/ AIDS pertama kali muncul di Boyolali tahun 2005 dan hingga kini tercatat ada 82 penderita meninggal dunia.

“Boyolali penderita HIV/AIDS masih sangat tinggi, di Jawa Tengah masuk peringkat 9,” kata pengelola program Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Boyolali, Esti Purnaning Widiasih, Selasa (7/6).

Dijelaskan, untuk Kabupaten Boyolali, penderita terbanyak di wilayah Kecamatan Boyolali Kota tercatat ada 29 penderita, Kecamatan  Ampel sebanyak 25 penderita, Kecamatan Mojosongo dan Banyudono sebanyak 19 penderita dan Kecamatan Selo sebanyak 2 penderita. Sedangkan untuk penderita laki-laki sebanyak 61 % dan wanita sebanyak 39 %. Rata-rata penderita merupakan usia produktif, yakni usia 29-30 tahun.

“Mirisnya, untuk penderita wanita kebanyakan adalah ibu rumah tangga dan tertular dari suami,” lanjutnya.

Ditegaskan, meski penyakit HIV/AIDS menular, namun penderita tidak boleh dikucilkan. Hal ini dikarenakan penularan penyakit HIV/AIDS  ini berbeda dengan penyakit Hepatitis maupun TBC yang mudah menular dari air liur atau sarana udara. Penyakit HIV/AIDS ini hanya menular melalui darah dengan kondisi luka terbuka, hubungan seks, atau air susu.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge