0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puasa, Pemotongan Sapi di RPH Menurun

Pemotongan Sapi di RPH Ampel (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pemotongan sapi di Rumah Pemotongan Hewan RPH Ampel, Boyolali, berkurang. Berkurangnya sapi yang dipotong di RPH terjadi sepekan sebelum memasuki bulan Puasa. Kondisi ini dikarenakan, peternak memilih menunda memotong sapi mereka hingga Lebaran nanti.

“Mereka baru akan memotong menjelang lebaran, karena permintaan sangat tinggi,” kata Penanggung Jawab RPH Ampel, Drh Aryo Pramono, Selasa (07/6).

Dijelaskan, untuk saat ini, pemotongan hewan di RPH Ampel turun 20 %. Dimana pada hari biasa, sapi yang dipotong berjumlah 140 ekor hingga 150 ekor, namun saat ini hanya memotong 100 ekor sapi saja. Sedangkan saat lebaran nanti, sapi yang dipotong bisa 4 kali lipat dari hari biasa.

“Nanti menjelang Lebaran, sapi yang dipotong di RPH bisa mencapai 500 ekor,” tambahnya.

Berkurangnya jumlah sapi yang dipotong, diduga menjadi salah satu pemicu tingginya harga daging sapi di pasar-pasar tradisional. Dimana saat ini, untuk daging sapi super atau kering mencapai Rp 120 ribu perkilogram. Sedangkan di tingkatan jagal, harga daging sapi antara Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu perkilogram.

“Para jagal juga sudah banyak yang mengeluh kesulitan mencari sapi potong di pasar hewan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge