0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Pengoplos Miras dengan Kadar Alkohol 70 Persen Dibekuk

dok.timlo.net/heru murdhani
Tersangka pengoplos minuman keras diperiksa polisi (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Jajaran Polsek Serengan mencokok dua orang pengoplos minuman keras (Miras) berkedok warung angkringan, di Jl Yos Sudarso, Serengan. Pengungkapan kasus Miras oplosan ini berkat kerjasama antara petugas dengan anggota masyarakat.

“Miras Oplosan ini, itu dioplos dari bahan baku Ethanol dengan kadar alkohol berkisar 70 persen. Ini tentu saja sangat berbahaya bagi mereka yang mengonsumsinya,” papar Kanit Reskrim Polsek Serengan AKP Suyono, Selasa (7/6).

Suyono mengatakan, pelaku berinisial YS (27) dan BW (24). YS merupakan pemilik angkringan, sedangkan BW adalah pegawainya. Namun keduanya cukup mahir dalam meracik Miras oplosan.

Kemampuan kedua pelaku ini, dikatakan didapat dari seorang teman mereka yang bekerja disebuah Kapal Pesiar, sebagai seorang bartender. Ilmu tersebut dipraktekkan keduanya, dan memproduksi miras untuk diedarkan.

Miras tersebut dioplos dengan mencapurkan tiga takar tutup botol air mineral, berisi Ethanol dengan satu gelas besar air putih. Selanjutnya pelaku akan menawarkan kepada pembeli, menginginkan rasa apa untuk oplosan Miras tersebut. Kemudian, miras itu akan dicampur dengan menggunakan sirup buah aneka rasa.

“Baru delapan bulan beroperasi Mas,” kata BW, sembari tertunduk.

Dari tangan tersangka, pihak berwenang menyita 3 botol besar berisi Ethanol dan sirup beraneka rasa.

Terhadap pelaku disangkakan tindak pidana menjual minuman keras tanpa ijin, sesuai pasal 3 ayat 1 dan atau pasak 17 ayat 1 dan pasal 20 ayat 1 perda No. 4 tahun 1972 tentang peredaran minuman keras, dengan ancaman hukuman paling lama 3 bulan penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge