0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gaji ke-13 dan ke-14 PNS Terancam Molor, Ini Penyebabnya

Sekda Solo Budi Yulistianto (dok.timlo.net/red)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan anggaran hingga Rp 80 miliar untuk gaji ke-13 dan 14 PNS atau yang sekarang disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) Solo. Namun sampai sekarang dana tersebut belum bisa dicairkan lantaran  belum ada regulasi yang jelas terkait teknis pencairannya.

“Kita masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur teknis pencairannya,” ungkap Kepala Dinas Pengelola Pendapatan Keuangan dan Aset (DPPKA) Solo, Budi Yulistianto, Senin (6/6).

Ketidakjelasan penerbitan PP tentang gaji ke-13 dan 14 ASN tersebut diakui berpotensi membuat pencairan gaji tambahan ASN itu molor. Khususnya pencairan gaji ke-14. Pasalnya, bila PP tersebut terbit di penghujung bulan Juni, pencairan akan sulit dilakukan tepat waktu.

“Kalau pertengahan bulan sudah terbit, kita bisa cairkan akhir bulan ini. Tapi kalau terbitnya akhir bulan, berarti kemungkinan bulan depan baru bisa,” kata dia.

Kabarnya, nilai gaji ke-14 hanya mencakup gaji pokok. Namun sampai saat ini belum ada kepastian tentang hal itu. Sedangkan untuk gaji ke-13, tidak ada permasalahan yang berarti. Seperti sebelum-sebelumnya, gaji ke-13 mencakup gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain-lain.

“Kita masih menunggu informasi dari pusat terkait gaji ke-14,” kata dia.

Pemkot Solo setiap bulannya menggelontorkan dana hingga Rp 36 Miliar untuk gaji ASN. Untuk dua bulan ke depan, Pemkot menyediakan Rp 120 Miliar untuk dua bulan ke depan. Dari total nilai tersebut, Rp 80 Miliar dialokasikan gaji ke-13 dan 14 yang rencananya dicairkan bulan ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge