0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menpar: Indonesia Favourite Outbond Australia

www.wakatobi.com
Perairan Wakatobi (www.wakatobi.com)

Timlo.net – Indonesia menempati posisi teratas sebagai destinasi outbond bagi masyarakat Australia. Jumlah wisatawan Australia yang piknik ke luar negeri paling banyak ke Indonesia.

Australia Bureau of Statistics (ABS) menyebutkan jumlah wisatawan Australia yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 105.500 orang sebulan. Menyusul New Zealand atau Selandia Baru, dengan wisman 99.400 orang.

Pada Maret 2016, New Zealand masih di atas Indonesia. Angka mereka masih 123.600 orang yang ke New Zealand. Sebaliknya yang ke Indonesia hanya 97.300 orang. Tapi di bulan April 2016, Indonesia naik dari 97.300 wisatawan menjadi 105.500 wisatawan, atau meningkat 8.200 orang. Sebalinya New Zealand turun dari 123.600 menjadi 97.300, atau 26.300 orang.

“Pasti ini terkait dengan deregulasi bidang International Openess, terutama kebijakan Bebas Visa Kunjungan dari Australia,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yanya, Senin (6/6).

Kampanye bebas Visa kunjungan itu dilakukan oleh Kemenpar bersama Kemenlu, baik yang di KBRI maupun KJRI di seluruh Australia. Wonderful Indonesia Festival sendiri sudah dilakukan di Sydney maupun Melbourne Australia.

Promosi pariwisata dengan tema Bebas Visa Kunjungan, cukup efektif menggaet pasar Autralia. Sebanyak 169 negara sudah bebas Visa masuk ke Indonesia.

“International Openess ini sudah masuk dalam salah satu pilar yan dilihat oleh World Tour and Travel Competitiveness Index sebagai salah satu nilai ukur,” jelas dia.

Selain itu, Arief Yahya menyebut 10 Bali Baru juga magnet besar bagi wisatawan Australia. Apalagi 7 dari 10 top destinasi itu memang dikemas untuk wisata bahari. Diantaranya, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Mandalika, Wakatobi, Kepulauan Seribu dan Morotai.

Wisata bahari oleh Menpar Arief Yahya dibagi tiga besar. Pertama coastal zone atau wisata bentang pantai. Kedua, underwater atau wisata bawah laut. Ketiga, sea zone, wisata antar pulau yang biasa dilakukan dengan yacht, atau perahu pesiar.

“Turis Australia suka dengan tantangan di tepi pantai, dengan ombak dan surfing. Kita punya banyak spot baru, dari Banyuwangi, Mentawai dan Nias,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge