0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gunakan Remote untuk Kurangi Takaran, SPBU Ini Disegel

SPBU nakal di Ciputat (merdeka.com)

Timlo.net — Berdasarkan informasi dari masyarakat, aparat kepolisian mengungkap kecurangan Pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Pahlawan, Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan. SPBU tersebut menggunakan alat canggih berupa remote kontrol untuk mengurangi jumlah takaran BBM. Alat ini bisa mengelabui pemeriksaan Metrologi Legal dari Pertamina.

“Mereka menggunakan alat yang cukup canggih berupa remote. Bisa dibuat normal. Begitu alat dinyalakan mereka kemudian bermain,” kata Kasubdit Sumdaling Diskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Ade Vivid di lokasi, Senin (6/6)

Ade mengatakan, saat ini tiga pengelola dan dua orang pengawas SPBU telah ditetapkan sebagai tersangka menggunakan mesin digital regulator stabilizer merek Bostech. Alat ini berfungsi untuk mempengaruhi daya arus listrik yang mengalir dari dispenser pengisian BBM ke tangki kendaraan milik konsumen.

Kemudian, lanjutnya, pelaku menggunakan komponen tambahan merek Omron yang dimasukkan dalam dispenser pengisian BBM. Sehingga, alat ini dapat mempengaruhi putaran mesin dalam dispenser pengisian BBM sehingga jumlah BBM yang keluar dari Nozzle tidak sebagaimana mestinya.

“Pelaku kemudian menggunakan pengendali jarak jauh atau remote control dari yang diaktifkan dari ruangan kantor di lantai dua,” tuturnya.

“Para pelaku sudah satu tahun melakukan aksinya tanpa ada yang mengetahui. Bahkan, petugas dari Metrologi Legal yang mengukur secara rutin takaran volume BBM pun bisa diketahui. Para pelaku, hanya tinggal mematikan alat tersebut saat pemeriksaan. Jika berkurang hanya 0,6 mili liter itu masih ambang batas dari pertamina. Di atas 0,7 Mili liter berkurang berarti sudah melakukan upaya kecurangan. Per 20 liter pelaku bisa mengurangi satu liter BBM,” bebernya.

Kini SPBU berkode 34-12305 telah disegel aparat kepolisian. Tersangka beserta barang bukti telah ditahan di Polda Metro Jaya.

[hhw]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge