0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inspektorat Tolak Usulan Sunday Market Diliburkan

timlo.net/achmad khalik
Sunday Market di kawasan Manahan (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Inspektorat Kota Solo kurang sepakat dengan usulan Sunday Market Manahan diliburkan untuk sementara waktu. Pasalnya, hal itu akan menyulitkan proses penyelidikan yang sedang berjalan.

“Kalau mereka diliburkan, kita tidak bisa mendapat informasi dari para pedagang,” kata Kepala Inspektorat Solo, Untara, Senin (6/6).

Selama ini, inspektorat hanya mendapat keterangan dari pihak Paguyuban dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sarana Prasarana Olahraga selaku pengelola Stadion Manahan.

Inspektorat merasa perlu menguji kebenaran keterangan dari semua pihak dengan kondisi riil di lapangan. Hal itu hanya dapat dilakukan bila Sunday Market masih beroperasi seperti biasa.

“Kita tidak bisa hanya mendengar keterangan saja tanpa ada bukti valid,” kata dia.

Sejak beberapa hari lalu, Inspektorat telah membentuk tim untuk mengurai benang kusut pengelolaan Sunday Market Manahan. Pihaknya membutuhkan waktu sekitar satu atau dua pekan untuk memperoleh data yang komprehensif.

Salah satu data yang dibutuhkan inspektorat adalah nilai retribusi yang dipungut dari para pedagang setiap kali membuka lapak. Dengan demikian nilai total uang yang terkumpul dari Sunday Market dapat diketahui.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solo mengusulkan agar Sunday Market diliburkan menyusul adanya isu penyelewengan dana retribusii pedagang. Namun Minggu (5/6) lalu, para pedagang masih saja menggelar dagangannya di Stadion Manahan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge