0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Warga Kerja Bakti Bersihkan Aliran Sungai Jenes

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo membersihkan rumput yang menempel di talut Kali Jenes (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Warga di kawasan Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon melakukan kerja bakti  membersihkan aliran Kali (Sungai-red) Jenes, Minggu (5/6) pagi. Aliran sungai yang membelah dikawasan kelurahan tersebut rencananya akan digunakan sebagai ikon sungai bersih di kawasan perkotaan.

“Kami melibatkan sebanyak empat kawasan RW dan 17 RT,” terang Lurah Sangkrah, Singgih Bagjono.

Kegiatan yang diinisasi oleh, Paguyuban Reksa Bhuana alumni pecinta alam Sentraya Bhuana Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret (UNS) tersebut juga melibatkan komunitas pecinta alam yang lain.

Pantauan dilapangan, mereka membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai yang berbatasan mulai dari Kelurahan Semanggi hingga Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon. Tak hanya itu, rumput liar yang menempel di dinding talut sungai. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.00 pagi ini sempat dipantau langsung oleh Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Disela kegiatan tersebut, Rudy (Sapaan akrab Walikota-red) mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan. Menurutnya, kawasan sungai perkotaan menjadi hal penting untuk selalu dijaga dan dilestarikan.

“Kalau melihat sungainya bersih, terawat pasti kawasan lainnya juga lebih bersih. Warga juga harus peduli, menjaga kelestarian lingkungan dikawasan sungai,” kata Rudy.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan bersih sungai, Anas Kamaludi mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan wujud kepedulian guna menciptakan kawasan yang indah, bersih dan nyaman untuk tempat tinggal.

“Jadi, semacam menumbuhkan jiwa kesadaran supaya masyarakat terlibat dalam memelihara aliran sungai, khususnya sungai diperkotaan,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge