0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Diserang Walang Sangit, Petani Terancam Gagal Panen

Anggota TNI dan warga melakukan penyemprotan hama walang sangit di lahan padi milik warga Nguntoronadi (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Serangan hama walang sangit membuat puluhan hektar tanaman padi milik warga di Kecamatan Nguntoronadi terancam gagal panen.

“Hama ini menyerang tanaman padi yang mulai berbuah, bulir padi jadi gabuk atau tidak berisi, sehingga nantinya hasil panenan akan menurun,” ujar petani asal Desa Ngadirejo Kecamatan Nguntoronadi, Sutini, Senin (6/6).

Selama ini, kata Sutini, hama walang sangit menyerang puluhan hektar tanaman padi di desanya. Ribuan ekor saban harinya menyerang bulir padi yang baru berbuah. Tanaman padi yang terkena, daunnya akan rusak serta bulir padinya akan gabuk. Serangan hama ini sulit dikendalikan. Untuk memberantas hama walang sangit, para petani biasanya menggunakan pestisida.

“Kita kewalahan mengatasi serangan hama ini, terlebih di saat musim penghujan seperti ini, pagi disemprot pestisida besoknya muncul lagi,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DispertanTPH) Wonogiri, Safuan melalui Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Tri Luwarso mengatakan, tidak hanya walang sangit, ada hama lain yang juga menyerang lahan tanaman padi yang memasuki masa panen. Dia menyebut bulan Juni ini ada 9. 800 hektar lahan padi yang memasuki masa tanam. Sedang bulan Juli mendatang ada 15. 400 hektar lahan padi yang memasuki masa panen.

“Selain walang sangit, ada hama penggerek batang, tapi sejauh ini kami belum menerima laporan secara rinci,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge